Listening Report


Salam.

Seminggu ini saya memperhatikan betul proses mendengar. Mendengar yg bersuara atau ‘mendengar’ yg tertulis (misal. membaca opini, milis dsb). In brief, memperhatikan betul (dan selanjutnya memahami) apa yg ingin dikatakan orang lain. Ada keuntungan dan kesulitan dari sudut saya sebagai pendengar yg aktif.

Keuntungan pertama adalah banyak informasi baru yang saya dapatkan. Ini sangat dimungkinkan karena kita berlatarbelakang berbeda. Ternyata banyak hal yg telah dilalui orang2 di sekitar kita sehingga mereka (termasuk Anda) memiliki kapasitas yg besar. Banyak yg telah mereka baca, pelajari, dan alami. Mengagumkan.

Selain informasi, saya juga merasa bahwa orang-orang jadi suka berbicara dg saya (ini subjektif lho…), mungkin karena merasa diperhatikan (saya terkadang mengangguk, menggeleng , memberi ekspresi heran , atau malah secara surprise saya menyatakan amat setuju dg poin yg dia buat).

Keuntungan yang terakhir adalah bahwa saya (hampir) dapat MEMASTIKAN bahwa salah satu persoalan terbesar kita adalah belum pernah menjadi pendengar yang baik untuk menyelesaikan masalah2 di sekitar kita.

Adapun hal yg tidak mengenakkan adalah bahwa mendengar itu melelahkan dan time consuming. Banyak hal yg baru memang, tapi banyak pula hal yg telah kita ketahui namun dibahas panjang lebar oleh lawan bicara. Ini bukan masalah kita ‘sok tau’, tapi ini membuang waktu dan karenanya melelahkan. So, berbicara dan mendengar dg waktu yg efisien adalah penting.

All in all, mari kita menyampaikan ide2 kita (explicit knowledge) sambil mendengarkan orang lain dg aktif.

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

