eee


Ketimbang membeli laptop/tablet 12 inci dengan harga di atas $1100, saya memilih membeli “Asus eeePc” dengan harga berkisar $299-$499. Laptop imut berlayar 7 inci ini dibundel dengan Xandros, distro Linux turunan Debian. Simpel dan ringan!

Nah, timbul keisengan saya untuk mengganti Xandros (yang merupakan Linux komersial) dengan Ubuntu. Ternyata di internet sudah banyak trik dan tip untuk ini, misalnya di komunitas Ubuntu; dan jika mau konfigurasi pasca instalasi tinggal jalankan script yang ada di Google Code. Instalasi dilakukan melalui USB-flashdisk (lihat “Ubuntu on Flashdisk!“).

Inilah tampilan “eee” saya:

eee.png bb.png

Di samping itu, Anda bisa juga menggunakan Linux kecil seperti PuppEEE. Selamat mencoba.

This entry was posted in Open Source. Bookmark the permalink.

4 Responses to eee

  1. fathani says:

    kenapa??kok lebih milih asus???apa keunggullannya??

  2. khazanaharham says:

    Tidak ada perhatian khusus dg merek Asus, hanya saja saya ingin memiliki laptop yang kecil mungil semurah mungkin buat ke kampus. Kebetulan dekat rumah ada yang jual laptop 7 inci dan ber OS linux, ya…beli deh.

  3. khazanaharham says:

    Mas Kemal,
    Saya di Jogja pake mesin ketik seharga Rp200ribu. Belinya di Ramayana. Merek Brother. Ada saya bawa pulang ke kampung…he..he…

    Di “Kampoeng Sebelah” kan dah ada link ke TKF’s Word. Itu isinya tulisan panjenengan.

  4. teuku kemal fasya says:

    Mas Arief,
    sekarang udah mulai jadi juragan lap top ya di amrik?
    ingatlah bagaimana perjuangan kita dulu di jogja, yang kemana-mana harus dengan komputer brok…saya aja baru punya lap top ketika udah memasuki tahun kedua kuliah s-2….

    gimana mas, janji mau kirim buku kagak pernah dikirimin lagi…
    udah baca tulisan saya yang terbaru blom?

    3 maret, sinar harapan, setahun irwandi..
    4 maret, kompas, ptn dan komersialisasi kampus..
    jurnal nasional, globalisasi dan ketidakpuasan..
    5 maret, media indonesia, tentang antropologi kemiskinan..
    7 maret, koran seputar indonesia, tentang partai lokal..

Leave a Reply

