8.04


Tanggal 24 April 2008 ini, Ubuntu versi baru kembali dirilis. Kali ini berjudul “Hardy Heron” (arti harfiahnya: burung bangau yang tahan banting). Memang, penamaan tiap versi distro Linux turunan Debian ini menggunakan nama-nama hewan yang disandingkan dengan sifatnya. Kemungkinan karena kata ‘ubuntu’ berasal dari Afrika yang kaya dengan flora dan fauna. Sedangkan angka “8.04” berasal dari “tahun 2008” dan “bulan April”.

Nah, bagi yang akan mendownload file iso-image Ubuntu (tampilannya menggunakan Graphical User Interface [GUI] Gnome), atau variannya, yaitu Kubuntu (GUI: KDE), Edubuntu (untuk anak sekolah), Xubuntu (GUI: Xfce yang ringan), atau Gobuntu (yang hanya berisi open-source non-restricted software) perlu cerdik dalam memilih mirror. Mirror yang cepat belum tentu yang paling dekat posisi geografisnya dengan negara kita. Pilihlah negara-negara yang kurang ‘terkenal’. Amerika Serikat, Jerman, Jepang atau Inggris pasti sudah diserbu duluan oleh para pengguna internet; antrian bisa sangat panjang. Jadi, coba saja mirror dari Ukraina, Chile, Bostwana dsb.

Yang paling menarik dari Ubuntu versi ini adalah siapa saja dapat melakukan instalasi dengan mudah karena proses install/uninstall dapat dijalankan dari Windows! Ya, benar-benar sama seperti menginstal software biasa. Langkahnya: masukkan CD Ubuntu, klik pada umenu.exe, lalu pilih drive yang akan dipakai, buat user & password, dan klik ‘install’. Nanti, saat komputer restart, Anda bisa memilih mau menggunakan Windows atau Linux.

Go open source!

This entry was posted in Open Source. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s