Intrepid Ibex


Enjoy the newest Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex)!

Salah-satu kemampuan baru Intrepid Ibex (kambing liar pemberani) yang paling menarik adalah instalasi ke flash-disk (USB key). Prinsipnya adalah menjadikan flash-disk sama seperti Live-CD yang memuat file ISO untuk dijalankan dalam mode live-session, artinya Intrepid Ibex digunakan tanpa perlu diinstal ke hard-disk. Tidak hanya itu, kita juga dapat menyediakan ruang tambahan dalam flash-disk sehingga setting atau data yang dibuat saat live-session tidak hilang setelah reboot/restart. Setting/data itu dapat dipakai saat live-session dijalankan lagi.

Untuk membuat USB startup Ubuntu, diperlukan flash-disk dengan kapasitas minimal 1 GB, file ISO Intrepid Ibex, dan Live-CD Intrepid Ibex atau yang sudah terinstal ke hard-disk komputer Anda. Langkah berikutnya:

  • Klik pada System> Administration> Create a USB startup disk, akan muncul dialog-box/window ‘Make USB Startup Disk’.
  • Klik Other untuk menentukan lokasi file ISO Ubuntu.
  • Di bagian bawah dialog-box, tersedia pilihan untuk menentukan ruang tambahan di flash-disk sebagai tempat penyimpanan setting/data.  Atur sesuai kapasitas flash-disk dan kebutuhan Anda. Bisa juga dipilih ‘Discard on shutdown’ yang berarti setting/data yang dibuat di live-session tidak dapat diaktifkan kembali setelah reboot dengan flash-disk tersebut karena tidak disediakan ruang penyimpanan untuk data.

intrepid_usbDi samping (klik gambar untuk perbesaran) adalah contoh live-session dengan tambahan paket Ubuntu-restricted-extras untuk melengkapi kemampuan multimedia. Jadi, ke manapun Anda pergi, sebuah desktop modern akan selalu menemani Anda mengaktifkan komputer lain tanpa perlu mengganggu hard-disknya.

Sebagai tambahan, jika seorang teman meminjam komputer Anda yang telah terinstal Intrepid Ibex, maka ia dapat menggunakan user Guest untuk bekerja (cek email, mengetik, dsb). Nah, dengan fasilitas Create USB Startup di atas, teman Anda dapat menyimpan data dan sekaligus desktop Ubuntu ke flash-disknya!

Selain itu, tersedia pula Wubi untuk menginstal Ubuntu melalui Windows. Langkahnya:

  • Hidupkan Windows, dan sediakan ruang sebesar 5 GB di hard-disk (fresh installation hanya butuh 2 GB; ruang tambahan diperlukan untuk tempat penyimpanan setting dan data).
  • Masukkan Live-CD atau flash-disk yang sudah terkopi ISO Intrepid Ibex (USB startup) di atas.
  • Muncul dialog-box ‘AutoPlay‘, klik Run umenu.exe
  • wubi_autoplay

  • Muncul dialog-box ‘Ubuntu CD Menu‘ dengan tiga pilihan: 1) demo dan instal Ubuntu seperti biasa, 2) instal Ubuntu di Windows, dan 3) pelajari lebih dalam tentang Wubi. Pilih nomor 2 untuk melakukan instalasi Ubuntu seperti software exe biasa.
  • wubi_menu

  • Muncul dialog-box, dan yang perlu Anda isi hanya password. Walaupun bisa diubah, aturan bawaan (default configuration) yang ada sudah memadai untuk instalasi Ubuntu. Klik Install dan duduk yang manis sampai proses selesai.
  • wubi_win

Selamat mencoba!

This entry was posted in Open Source and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s