“I pledge to help him”


Ada dua sisi yang menarik pada pemilihan umum presiden Amerika Serikat (AS) saat perhitungan suara telah menunjukkan siapa yang menang dan yang kalah. Satu sisi adalah kemenangan fenomenal Obama dan sisi lain adalah pidato kekalahan McCain.

Di sisi yang pertama, kita melihat mimpi kaum minoritas dan keturunan para budak untuk menjadi pejabat tertinggi di AS telah menjadi kenyataan. Walaupun ibu kandung Obama berkulit putih, namun dalam tradisi sosial Amerika, seorang anak blasteran dari orang tua putih-hitam tetap dimasukkan dalam ras negroid, atau istilah resminya African-American. Kemenangan Obama dalam pemilihan presiden AS merupakan ukiran baru dalam sejarah kehidupan bangsa dan negara adidaya tersebut.

Di sisi yang lain kita mendengar pidato dari lawan Obama, McCain, yang kalah dalam proses yang memakan waktu dan biaya yang sangat besar itu. Ia berdiri di hadapan para pendukungnya dan mengakui kekalahannya. Namun, sejatinya itu adalah pidato seorang negarawan. Ia berkata, “my former opponent will be my president.” Perbedaan mungkin tetap ada di antara mereka dalam kebijakan menghadapi krisis yang melanda AS, tapi McCain bersumpah, “I pledge to help him.”

Demokrasi, oligarki, atau autokrasi adalah pilihan dalam bernegara. Yang satu mungkin lebih tepat untuk suatu bangsa, sedang yang lain mungkin terbaik untuk bangsa lainnya. Namun, penghargaan kepada manusia atas dasar prestasinya adalah melebihi pilhan-pilihan itu. Dengan penghargaan model ini, kesuksesan suatu bangsa akan dilihat sebagai kesuksesan peradaban manusia yang sesungguhnya.

.

This entry was posted in Opini and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s