Gempa Sulawesi


Kami ikut prihatin atas gempa di Sulawesi pada tanggal 17 November 2008 waktu setempat. Semoga Badan Koordinasi Bencana Nasional (BKBN, National Disaster Coordinating Agency) bisa membuktikan bahwa keberadaan instansi ini membuat Indonesia lebih baik dalam menghadapi bencana. Mudah-mudahan training, drill, dan exercise telah dan akan dilakukan berulang-ulang untuk menghadapi kondisi darurat di semua daerah.

Namun, ada yang perlu dikritisi terkait pemberitaan CNN yang melaporkan bahwa “Local TV reports in Gorontalo said panicked residents were outside their homes, though there were no reports of casualties or damage.” Perhatikan kata ‘panik”; inilah yang disebut “disaster myth” yang selalu diulang oleh media massa ketika bertutur tentang reaksi warga saat menghadapi bencana. Melarikan diri dari gedung yang akan runtuh, atau menjauh dari api yang berkobar bukanlah panik. Itu adalah tindakan rasional yang mesti diambil untuk menyelamatkan diri. Takut, khawatir, terkejut berbeda dengan panik. Panik adalah kondisi di mana orang menjadi irrasional dan bertindak tak jelas juntrungannya (Perry dan Lindell, 2007).

Informasi yang keliru dalam melaporkan perilaku masyarakat ketika suatu bencana terjadi dapat membuat respon pemerintah dan pekerja kemanusiaan menjadi tidak efektif dan malah membuat mereka mengambil kebijakan yang keliru (Tierney, Bevc, dan Kuligowski, 2006). Semoga media di Indonesia dapat memberi informasi yang benar mengenai daerah gempa, korban, dan bantuan yang diperlukan masyarakat setempat.

Berikut adalah data gempa di Sulawesi bersumber dari USGS.

sulawesi

This entry was posted in Geografi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s