Indian Millionaire


200px-slumdog_millionaire_posterSuka film India? “Slumdog Millionaire” (SM) patut menjadi pilihan Anda. Bahkan bagi siapa saja yang menyukai film-film Garin Nugroho atau Dedy Mizwar, film produksi Fox dkk. ini akan menjadi favorit di awal tahun ini. Soalnya, SM memang layak pentas di festival film sekaligus layak jual di bioskop-bioskop.

SM berkisah tentang seorang anak miskin dari perkampungan kumuh muslim di belantara Kota Mumbai, India, yang bernama Jamal Malik. Ia diinterogasi polisi karena dituduh bermain curang dalam acara televisi terkenal “Who Wants To Be A Millionaire” versi India. Ceritanya dikisahkan secara flash-back mengikuti pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam kuis itu. Tiap pertanyaan selalu bisa dijawab Jamal berdasarkan kisah masa lalunya. Film ini dikemas oleh sutradara Inggris, Danny Boyle, dengan apik lewat kelucuan, keharuan, kekerasan, dan keromantisan yang hampir sama seperti film Bollywood pada umumnya; namun, tanpa lagu dan tari.

Bioskop-bioskop Amerika Serikat ikut menayangkan SM sejak 23 Januari 2009 lalu. Bahkan saya mengetahui tentang film yang diangkat dari novel ini dari kawan Amerika. Oo iya, di bagian casting list (daftar nama pemeran) seusai film, ternyata musik latarnya adalah joget India gaya Bollywood, dan penonton tidak beranjak dulu hingga lagu dan tari selesai. Baru kali ini saya menonton film (tentang) India bersama orang Amerika di Amerika!

My score: 10/10

Update 22/2/09: Slumdog Millionaire meraih piala Oscar tahun 2009!

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

One Response to Indian Millionaire

  1. Cengkunek says:

    wa, perlu ditonton nih
    gak kayak film india kebanyakan
    ini baru ceritanya “membumi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s