What kind of file is this?


Saya mendapat kiriman email di milis yang saya ikuti. Filenya tanpa extention; hanya berjudul “90-10“. Jika saya bekerja di Windows, saya akan dibawa ke pilihan aplikasi yang  hendak digunakan untuk membuka file tak dikenal itu. Jika begini kejadiannya, mungkin akan ada di antara peserta milis yang akan segera menutup file tersebut, lalu menghapusnya tanpa bekas sebab khawatir kalau-kalau itu adalah virus.

Lalu apa yang saya lakukan? Dengan tetap bekerja di Windows, yang pertama kali saya lakukan adalah membuka aplikasi OpenOffice. Aplikasi kantor yang canggih inilah yang saya pakai untuk mencoba membuka suatu file tak dikenal. Secara otomatis, OpenOffice akan mengidentifikasi jenis file tersebut, dan jika dikenal, ia akan dibuka dengan aplikasi yang pas untuk file tersebut; bisa Word, Spreedsheet, Draw, atau Impress.

This entry was posted in Open Source. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

