DVD on Linux


Sebuah komputer tua  diletakkan di ruang tamu kos seorang teman. Kegunaannya hanya satu:  memutar DVD. Sedangkan untuk bekerja ia memiliki komputer lain. Windows XP yang terpasang di komputer Pentium 4 dan RAM 512MB itu sudah “aus”. Jika dihidupkan, ia bisa menunggu sambil mandi atau makan, baru setelah itu komputer siap dipakai. Itu pun jika tidak mati tiba-tiba dan restart sendiri. Analisis teman saya itu adalah harddisk-nya memiliki bad sector.

Semalam saya mencoba memasang Ubuntu 9.04 di komputer butut itu. Semua lancar dan reboot hanya membutuhkan waktu kurang dari 40 detik. Dugaan bad sector ternyata keliru. Namun, hanya ada satu masalah: DVD tidak bisa diputar! Padahal itulah kegunaan utama komputer itu. Begitulah, kondisi semacam ini sudah biasa bagi penggiat open source. Butuh internet dan sedikit kesabaran untuk menuntaskannya.

Saya menemukan beberapa link untuk menjawab persoalan multimedia di Ubuntu. Yang agak lengkap adalah di Ubuntu Community. Untuk memutar DVD, saya telah mengikuti petunjuk yang ada di sana. Namun, setiap Totem atau VLC mencoba memainkan film, kedua aplikasi multimedia itu mati dengan sendirinya.

Pressures make diamonds kata orang; rasa penasaran ini memang tak kan habis. Untuk mengetahui apa masalahnya, saya membuka aplikasi VLC melalui terminal. Dengan cara ini, error yang ada bisa terbaca. Bunyinya: “…X Error of failed request: BadAlloc (insufficient resources for operation)…” Nah, dengan menggunakan Google, saya cari link yang membicarakan laporan error itu. Jika codec untuk memainkan DVD sudah ada, berarti kemungkinan masalahnya adalah di display. Singkat cerita, solusi untuk masalah itu ternyata begini:

  1. Buka VLC, pilih Tools>Preferences.
  2. Di bagian kiri bawah pada Show settings, pilih All.
  3. Pilih Video>Output Modules.
  4. Pada Video output module terdapat konfigurasi Default. Nah, silahkan dicoba dengan modul-modul lain (untuk kasus di atas, dipilih X11 video output).vlcmodule
  5. Restart VLC dan coba mainkan DVD. Jika tidak bisa, coba modul yang lain.

Untuk Totem, Anda perlu menjalankan perintah gstreamer-properties di Terminal. Pilih Video, lalu di bawah Default Output ubah plugin menjadi X Window System (No Xv). Restart Totem dan mainkan DVD Anda.

This entry was posted in Open Source. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s