Agent of Change vs Agent of Knowledge


Paling sedikit, ada dua kategori sarjana hasil pendidikan tinggi:  agent of knowledge dan agent of change. Agent of knowledge biasanya mahasiswa yang memakai “kaca mata kuda”. Rute hidupnya adalah kos-kampus dan kampus-kos.  Golongan ini jarang mau beradu argumen karena perbedaan pendapat bisa diartikan sebagai “war”, sebuah perseteruan tidak sehat. Kalaupun berdebat, mereka tak mau mengalah. Agenda keseharian mereka tak mudah diubah dan cenderung perfectionist. Mereka biasanya memperoleh IPK tinggi dan suka menghabiskan waktu membaca teks (buku, artikel, jurnal dsb.). Mereka bisa diharapkan untuk mengajarkan ilmu pengetahuan kepada orang lain atau menjadi ‘tukang’ bagi organisasi tempat mereka bekerja.

Agent of change adalah orang-orang yang menjadikan kampus, lingkungan sekitar, dan apa saja yang mereka jumpai sebagai perpustakaan hidup. Golongan ini gandrung membaca konteks. Perbedaan pendapat adalah bagian dari mencari kebenaran, dan kesalahan adalah hal yang lumrah. Nilai A memang penting, tapi mendapat B pun sudah cukup. Ketertarikan mereka terhadap pemecahan suatu masalah dan berpikir di luar kotak adalah ciri khasnya. Orang-orang seperti ini bisa dihubungi kapan saja untuk melakukan suatu kegiatan baru yang bermanfaat. Tugas-tugas kuliah tetap harus diselesaikan, tapi tidak perlu terlalu perfect, yang penting kerjakan semampunya. Golongan ini bisa diharapkan menjadi motor penggerak perubahan di masyarakat.

Dalam kehidupan nyata, tentu ada yang mendapat nilai A dan sekaligus aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Ini adalah gabungan dari kedua golongan di atas yang jarang ditemui. Kedua golongan itu sama-sama bermanfaat. Agent of knowledge dibutuhkan untuk menemukan rahasia-rahasia baru penciptaan alam semesta, baik fisik maupun sosial. Agent of change juga penting untuk memimpin peradaban ke arah kehidupan yang lebih baik.

Nah, Anda masuk golongan mana?

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s