Kesetaraan bagi yang cacat


Kemaren sore, reporter TVOne melaporkan situasi di Padang, kota yang pekan lalu digoyang gempa sebesar 7,6 skala richter. Dalam laporannya ia menceritakan perkembangan Suci Refika Wulansari (27) yang terperangkap dalam reruntuhan gedung Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Prayoga Padang tempat ia mengajar. Ia tak sendiri, rekan-rekan dan mahasiswanya yang telah meninggal menemaninya selama 42 jam. Yang membuat ia lama dievakuasi adalah karena kakinya terjepit sehingga petugas penyelamat sempat berinisiatif mengamputasinya di lokasi kejadian. Walau pada akhirnya ia dapat dikeluarkan dari reruntuhan itu dengan anggota tubuh lengkap, namun kedua kakinya harus dipotong saat ia dirawat di rumah-sakit.

Sang reporter menambahkan bahwa Suci yang baru tiga hari mengajar di STBA Prayoga pernah bercita-cita hendak menjadi PNS. Namun, karena kedua kakinya tiada lagi, harapan itu tak kesampaian.

Saya pernah berkesempatan belajar sebentar di Amerika Serikat. Kesan yang saya tangkap adalah negara itu memang sangat kuat. Salah-satu sebabnya adalah kemampuan mereka menggunakan semua sumberdaya, termasuk manusia, untuk membangun negaranya. Tak terkecuali para penyandang cacat (disabilities). Di sana semua orang, baik tua, muda, pria, wanita, hitam, putih, cantik, tak cantik (pegawai bank misalnya, tak semua cantik fisiknya) normal maupun penyandang cacat memiliki kesempatan kerja yang sama sesuai kemampuannya. Ketentuan ini dilindungi oleh undang-undang federal.

Adakah pekerjaan seorang PNS selalu membutuhkan kaki yang lengkap? Tidak. Apalagi jika Anda menjadi seorang pengajar yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Bekerja di kantor pun bisa, misalnya untuk mengetik dan tugas-tugas administrasi lain. Karena itu, kita perlu mendorong pemerintah untuk membuka kesempatan bagi Suci dan siapa pun yang tak lengkap anggota tubuhnya untuk menjadi pelayan rakyat. Karena negara ini milik kita semua.

Suci, tetaplah dengan cita-citamu.

This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s