Memakai GPS di Aceh


Peta Banda Aceh oleh Navigasi.net dalam Garmin Nuvi 260

Minggu lalu saya menelusuri Banda Aceh – Panton Labu (Aceh Utara). Perjalanan itu ditemani oleh GPS Garmin Nuvi 260. Peta yang dipakai adalah hasil kerja komunitas di Navigasi.net yang bisa diperoleh gratis. Untuk memasangkannya pada Garmin, cukup klik ganda pada file yang didownload, lalu akan terbentuk folder baru, C:\My Map, yang berisi beberapa file. Salin file GMAPSUPP.IMG ke folder Garmin\ di GPS Garmin Anda. Aktifkan peta pada Setting>Map>Map Info.

Walaupun beberapa informasi jalur di Banda Aceh sudah berubah (misal, jalan satu-arah), namun peta yang sudah menjangkau Sabang hingga Merauke ini telah siap dipakai untuk perjalanan Anda. Tentu saja, siapa pun dapat memperbaiki/menambah informasi peta dan mengirimkannya ke teman-teman di Navigasi.net.

Yang lebih menyenangkan dari Garmin adalah saya bisa mendengar suara saya sendiri dalam bahasa Aceh saat GPS ini menuntun perjalanan. Hal ini dimungkinkan dengan fasilitas Voicestudio yang disediakan Garmin secara cuma-cuma (aplikasi ini membutuhkan .Net 2.0 untuk bisa dijalankan). Untuk menggunakan suara itu, ekstrak file ke dalam folder /Garmin/Voice/ lalu aktifkan di Setting>Language pada Garmin Anda. Tapi, tak ada jaminan suara saya enak didengar, lho…. :-p

This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

3 Responses to Memakai GPS di Aceh

  1. rianto says:

    mas bisa gak program garmin tersebut digunakan di hp nokia 5800 xm?

    dimana saya bisa mendapatkan program tersebut??

    mohon pencerahanya…

    • khazanaharham says:

      Aduuh, maaf sekali. Saya tidak pernah menggunakan Nokia 5800 atau ponsel lain sebagai GPS. File peta dari Navigasi.Net hanya utk Garmin dan beberapa jenis GPS lain.

  2. Yogi says:

    Mas Rianto, monggo mas silahkan mampir di http://yc3tlp.blogspot.com disitu ada saya tampilkan tutorialnya, saya yakin anda pasti bisa……, guampang bangget…..

Leave a Reply

