Website Pemerintah: Serius atau Main-main?


Umumnya website pemerintah di Indonesia berisi informasi berita kegiatan seremonial, pelatihan, dan sebagainya. Itupun sudah bagus jika diupdate secara berkala. Namun, ada banyak website yang pembaharuannya sekitar 3-5 tahun yang lalu. Memang, pemanfaatan internet sebagai media sosialisasi program pemerintah masih kurang serius digarap. Fenomena ini bisa jadi disebabkan oleh mutasi, atau insfratruktur data elektronik tidak memadai, atau data publik yang tak mau dipublikasikan.

Dalam hal mutasi, biasanya admin atau webmaster diganti berhubung ada kebutuhan lain di lingkungan kementerian atau pemerintah daerah bersangkutan. Sialnya, mutasi ini tidak diikuti penyediaan tenaga admin pengganti yang memiliki kecakapan.

Hal lain yang menghambat pemanfaatan internet sebagai salah-satu media pelayanan publik oleh pemerintah adalah infrastuktur yang tidak memadai. Dinas atau kantor pengelola data elektronik (telematika) perlu ada dan disokong oleh dana yang cukup. Harga sewa bandwitdh dan IP public memang tidak murah, sehingga pemerintah pusat melalui Kementrian Infokom perlu membantu pemerintah daerah yang kekurangan dana. Lagi pula, sosialisasi di hotel dan kunjungan ke daerah memerlukan biaya dan kebocoran yang lebih banyak daripada dengan sosialisasi via internet.

Di banding dua penyebab di atas, ketidakmauan pegawai negara mempublikasikan data publik kepada masyarakat adalah masalah yang paling berat. Ini menyangkut political will, jika tak ada kemauan, maka tak ada jalan. Padahal sejak Mei 2010 telah berlaku UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang memerintahkan pelayan publik menyampaikan informasi publik sejelas-jelasnya dan seluas-luasnya. Internet adalah media yang menjangkau masyarakat dengan lebih luas dan lebih cepat.

Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Aceh melakukan sesuatu yang berbeda dalam hal penyediaan informasi kepada masyarakat. Jika Anda berkunjung ke biropembangunan.acehprov.go.id, Anda akan merasakan nuansa ‘blog’ yang kental. Nuansa ini memang sengaja dibuat agar admin/webmaster (baik yang sekarang atau yang menggantikannya) mudah memperbaharui dan mengelola website. Di lain pihak, pengunjung akan segera mendapatkan artikel atau data yang diinginkan dengan mudah serta leluasa memberi komentar di setiap halaman. Website ini juga menyediakan data yang banyak dan besar dari segi ukuran file. Hampir setiap artikel didukung oleh hasil penelitian ilmiah, peta, dan gambar.

Yang dibutuhkan masyarakat  untuk mendapatkan data publik dari website pemerintah adalah jaringan internet, baik di rumah,  ponsel, kantor, atau di warung internet (warnet). Mudah-mudahan internet dapat membantu memenuhi kebutuhan data pembangunan untuk aparatur pemerintah dan masyarakat luas.

This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s