OpenStreetMap di QGIS


Digitasi adalah salah-satu pekerjaan penting dalam memasukkan data pada pekerjaan GIS. Selain memerlukan sumber data yang valid, digitasi membutuhkan ketelitian dan waktu. Apakah ada data yang siap pakai tanpa perlu didigitasi ulang?

Open Street Map (OSM) memiliki data jalan yang lengkap yang merupakan hasil kolaborasi para pemakainya dari seluruh dunia. Siapapun dapat menambahkan, memperbaiki, dan menggunakan data dari OSM dengan cuma-cuma. Bahkan, Anda bisa langsung mengolahnya dengan aplikasi GIS. Bagaimanakah caranya?

Quantum GIS memiliki berbagai spatial analysis tool, baik terinstall secara built-in maupun berupa plugin. Untuk keperluan mengelola data OSM, kita memerlukan plugin OpenStreetMap untuk menampilkan, mendownload, mengupload, atau mengedit peta OSM dengan QGIS. Untuk menggunakannya, ikuti langkah selengkapnya berikut ini (saya memakai QGIS 1.5 di Linux yang secara default telah memiliki plugin OpenStreetMap):

  1. Aktifkan internet.
  2. Sistem koordinat peta yang Anda miliki bisa saja berbeda dengan peta OSM, karena itu agar bisa langsung mengikuti sistem koordinat yang sedang terpakai, klik menu File>Project Properties, lalu pada tab “Coordinate Reference System (CRS)” conteng “Enable ‘on the fly’ CRS transformation“ dan klik “OK“.
  3. Tambahkan peta yang Anda miliki (atau download dari biropembangunan.acehprov.go.id) melalui menu Layer>Add Vector Layer.
  4. Tambahkan peta OSM  dari menu Plugins> OpenStreetMap> Download OSM data. Anda perlu memilih area yang relatif kecil (misalnya, area Kota Banda Aceh) karena jika terlalu besar akan keluar peringatan: “Both extent are too large!”
  5. Ubah warna peta jalan OSM yang tampil agar mudah dilihat, lalu simpan sebagai shapefile dengan cara: klik kanan pada layer jalan, pilih “Save as…”. File jalan itu siap untuk dianalisis lebih lanjut.
This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s