Peta Dunia di QGIS


Biasanya, kita menggunakan browser untuk membuka Google Maps. Jika Anda menggunakannya saat bekerja dengan aplikasi GIS, kemungkinan besar Anda akan bolak-balik membuka browser dan aplikasi GIS untuk mencocokkan informasi Google Maps dan peta yang Anda miliki. Repot, bukan?

Pekerjaan di atas dapat dipermudah dengan Quantum GIS. Anda cukup menggunakan plugin OpenLayers untuk menampilkan, atau lebih tepatnya “browsing”, peta dari Open Street Map, Google Maps, dan Yahoo di dalam aplikasi GIS yang berbasis open source ini. Anda bisa langsung melihat kenampakan permukaan bumi hasil rekaman citra satelit sehingga dapat, misalnya, melakukan digitasi dan verifikasi kebenaran informasi tutupan lahan dalam peta Anda.

Untuk menggunakannya, ikuti langkah berikut (saya memakai QGIS 1.5 di Linux):

A. Instalasi Plugin dan CRS Google Maps

B. Menggunakan OpenLayers

  1. Aktifkan internet.
  2. Klik menu File>Project Properties, lalu pada tab “Coordinate Reference System (CRS)” conteng “Enable ‘on the fly’ CRS transformation“.
  3. Masih di tab yang sama, cari CRS yang Anda buat tadi pada kolom “Search” dengan cara: pilih “Name” dan isikan kata “google”, lalu klik “Find“. Anda akan melihat “Google Mercator” tersorot, akhiri dengan “OK“.
  4. Tambahkan peta yang Anda miliki (atau download dari biropembangunan.acehprov.go.id) melalui menu Layer> Add Vector Layer.
  5. Tambahkan, misalnya, citra satelit dari Google melalui menu Plugins> OpenLayers> Add Google Satellite layer (di sini Anda bisa melihat pilihan citra satelit/peta lainnya).
  6. Citra satelit/peta yang dipilih menampilkan seluruh dunia dan siap untuk dianalisis lebih lanjut (“Zoom Full” jika tak tampil di layar QGIS).
This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s