Jogja


Karena disampaikan oleh Presiden RI, maka polemik keistimewaan Jogja menjadi membesar. Prinsip dasar yang hendak diingatkan Presiden adalah kepastian berjalannya demokrasi di seluruh Indonesia. Pertanyaannya adalah bagaimana yang dimaksud dengan demokrasi dalam konteks itu?

Mari kita lihat satu-satu.

Legislatif

Sebagaimana diketahui, Jogja memiliki DPRD seperti provinsi lain. Badan pembuat legislasi ini memenuhi ketentuan Pasal 18 Ayat 3 UUD 1945: “Pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten, dan kota memiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang anggota­-anggotanya dipilih melalui pemilihan umum”. Jadi, tidak ada pelanggaran konstitusi di sini.

Eksekutif

Di Jogja, Sultan dan Paku Alam masing-masing menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur. Mekanisme penetapan kepala daerah inilah yang menjadi polemik beberapa hari ini.

Dalam pemilihan presiden dan wakilnya, UUD 1945 menyebutkan bahwa “Presiden dan Wakil Presiden dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat” (Pasal 6A, Ayat 1). Berbeda dengan itu, dalam hal pemilihan kepala daerah konstitusi kita hanya berisi: “Gubernur, Bupati dan Walikota masing­-masing sebagai Kepala Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dipilih secara demokratis” (Pasal 18, Ayat 4).

Undang-undang menerjemahkan kata “demokratis” dalam pemilihan kepala daerah dengan membuat mekanisme pemilihan umum langsung. Ini tidak salah. Tapi, kalau yang dimaksud dengan “demokratis” adalah “kehendak rakyat”, maka Anda bisa bertanya pada rakyat Jogja tentang kerelaan mereka dipimpin oleh Sultan dan Paku Alam. Inisiatif referendum yang digembarkan saat ini menjelaskan sikap rakyat itu.

Jadi, bagi Jogja, pemilu adalah mekanisme demokratis untuk pemilihan bupati/walikota. Tapi khusus untuk tingkat provinsi, demokratis berarti menempatkan pemimpin tradisional mereka secara langsung berdasarkan warisan sejarah dengan dukungan rakyat sepenuh hati.

This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s