Pemilu yang Hemat


Pemilu presiden dan kepala daerah perlu diubah sistemnya agar lebih murah tanpa mengurangi kualitas hasilnya. Daripada two-round voting system yang dipakai selama ini atau the first-past-the-post (runoff voting) yang diusulkan sebagian ahli, lebih baik KPU memakai instant-runoff voting system.

Di dalam sistem pemilihan instant-runoff, nama-nama calon peserta pemilu ditulis semua dalam kartu suara (ballot); lalu, pemilih memeringkat (ranking) calon. Pemeringkatan berarti pemilih menentukan Pilihan I, Pilihan II, Pilihan III, dan seterusnya. Untuk lebih sederhana, cukup dua pasangan calon (Pilihan I dan Pilihan II) saja yang diranking.

Perhitungan hasil pemilihan dengan sistem instant-runoff dilakukan dengan mengurutkan perolehan suara Pilihan I. Peraih suara mayoritas (minimal 50% + 1) dinyatakan sebagai pemenang. Namun, jika calon yang memiliki suara tertinggi tidak mencapai mayoritas, maka calon yang memiliki suara terendah dinyatakan gugur. Selanjutnya, perhitungan diulang lagi dengan menambahkan suara Pilihan II pemilih calon yang tersingkir tadi kepada calon-calon yang tersisa. Begitu seterusnya hingga diperoleh peraih suara terbanyak (mayoritas).

Cara perhitungan lain pun ada, yaitu menggunakan contingent vote, di mana dalam keadaan tidak ada mayoritas pada perhitungan pertama, maka hanya dua calon peraih suara tertinggi yang diikutkan dalam perhitungan berikutnya. Namun, walau cara ini lebih singkat, hasilnya bisa berbeda dari cara pertama karena contingent vote menutup kesempatan menang calon lain yang mungkin saja lebih banyak diranking pada Pilihan II.

Singkatnya, dengan sistem instant-runoff pemilu cukup dilakukan sekali; sedangkan perhitungannya bisa dilakukan beberapa kali. Lebih hemat bukan?

Sumber bacaan: Wikipedia.

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s