GPS untuk Android


Ponsel berbasis Android saat ini semakin merajai dunia komunikasi. Di samping gratis, sistem operasi besutan Google ini juga open source. Bahkan, berbagai aplikasi dapat Anda peroleh secara cuma-cuma di Android Market. Yang menarik, umumnya ponsel Android dilengkapi dengan kemampuan menangkap sinyal satelit untuk keperluan navigasi menggunakan Global Positioning System (GPS).

Ada beberapa aplikasi geospasial yang mobile untuk sekedar hiburan menemani perjalanan Anda atau untuk hal-hal yang lebih serius seperti penanganan bencana. Aplikasi ini dapat menjadi alat bantu pengumpulan data untuk analisis GIS selanjutnya. Berikut ini adalah contoh aplikasi yang saya pakai pada Sony Ericsson Xperia 8.

Papago

Papago adalah aplikasi GPS yang membuat ponsel Android Anda berfungsi seperti Garmin, Magellan atau alat GPS lain pada umumnya, yaitu membantu mencari alamat dan jalan menuju ke alamat dimaksud. Aplikasi ini tersedia untuk pemakai di Indonesia. Untuk menggunakannya, Anda perlu tiga hal:

Sama halnya dengan alat GPS pada umumnya, Anda tidak membutuhkan internet untuk melihat posisi saat berkendara. Jika Anda menggunakan Papago untuk keperluan penanganan bencana, maka informasi dapat dikirimkan via SMS, MMS, atau telepon ke pusat koordinasi bencana.

My Tracks

My Tracks menggunakan Google Maps sebagai basis data spasial, karenanya, aplikasi ini membutuhkan layanan internet. My Tracks dapat dimanfaatkan untuk menyimpan jalur perjalanan (track) berdasarkan posisi pengguna yang ditentukan oleh tower BTS operator selular atau oleh satelit GPS (lebih akurat). Informasi ini dapat dibagikan kepada teman-teman via Google My Maps, Google Fusion Tables, dan Google Docs. Sedangkan untuk memberitahukan posisi Anda secara real time, gunakanlah Google Latitude.

Walau dirancang untuk olahraga, My Tracks dapat dipakai untuk fungsi lain, misalnya dalam bidang kebencanaan. Ini mungkin sekali diterapkan karena hampir seluruh kawasan Indonesia sudah memiliki sinyal GPRS. Sukarelawan kebencanaan dapat merekam posisi, kondisi, dan foto (gunakan Picasaweb, Flickr, dll untuk menyimpan foto yang memiliki geotag) daerah setempat. Untuk membantu pencarian alamat atau rute perjalanan, Anda dapat memanfaatkan Google Maps Navigation. Informasi yang didapat bisa dikirimkan ke peta di Google My Maps agar dapat dipantau oleh pusat koordinasi bencana.

Peta di bawah ini adalah contoh penggunaan My Tracks.

Selain aplikasi di atas, Anda dapat pula mencoba aplikasi GPS lain untuk Android seperti MapQuestNavitel Navigator, dll.

Lihat pula:

This entry was posted in Geografi, Open Source. Bookmark the permalink.

5 Responses to GPS untuk Android

  1. un_sorry™ says:

    kirain aplikasi2 tersebut dpt terintegrasi scr otomatis, trnyata gak

  2. dika says:

    nice inpoh gan hehehe XD

  3. bencana alam says:

    artikel yg sangat menarik…. bbrp bulan lalu saya jg pernah nulis ini
    http://www.ibnurusydy.com/7-aplikasi-android-dalam-bidang-kebencanaan/

    tulisan saya iti blm lengkap dan tulisan agan sudah melengkapinya….thank ya.

  4. Harz Sono says:

    selamat berkarya pak .. suksess …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s