FAQ tentang Council-Manager


Berikut ini adalah tanya-jawab tentang bentuk pemerintahan Council-Manager (Dewan -Manajer) yang diambil dari situs Kota Sugar Land dan Kota Rockville, AS.

Apakah bentuk dewan-manajer (DM) digunakan di banyak tempat?

Bentuk dewan-manajer adalah sistem pemerintahan lokal yang menggabungkan kepemimpinan politik yang kuat dari pejabat terpilih dalam bentuk sebuah dewan, dengan pengalaman manajerial yang kuat dari seorang manajer yang ditunjuk dewan tersebut. Kekuasaan pemerintah daerah dipegang sepenuhnya pada dewan dan urusan sehari-hari pemerintahan ditangani oleh seorang manajer profesional. Di Rockville, lima anggota dewan, yang terdiri dari seorang walikota dan empat anggota lain dipilih secara umum dan non-partisan setiap dua tahun.

Apakah bentuk pemerintahan D-M dapat secara cepat menjawab kebutuhan masyarakat?

Walikota bersama anggota Dewan yang lain adalah pemimpin dan secara bersama-sama membuat kebijakan untuk kepentingan seluruh masyarakat dan untuk berkonsentrasi pada masalah-masalah yang responsif terhadap kebutuhan warga. Manajer yang kemudian memastikan bahwa seluruh masyarakat terlayani dengan baik sesuai kebijakan itu.

Apakah fungsi Walikota dan anggota Dewan yang lain?

  • Mengangkat dan mengawasi Manajer Kota.
  • Membuat peraturan daerah.
  • Membuat kebijakan daerah.
  • Mengesahkan anggaran.

Apakah fungsi manajer kota?

  • Menjadi pelaksana harian pemerintahan.
  • Menegakkan aturan.
  • Mengelola kepegawaian.
  • Membuat rencana anggaran.
  • Membuat rekomendasi untuk diserahkan kepada Dewan Kota.

Apakah manajer kota berpartisipasi dalam penentuan kebijakan?

Manajer kota membuat rekomendasi kebijakan kepada Dewan untuk dipertimbangkan. Pengelola pemerintahan ini terikat oleh apa pun tindakan Walikota dan Dewan mengambil.

Apakah semua daerah yang menggunakan bentuk pemerintahan D-M memiliki cara pemilihan umum yang sama?

Berbeda. Ada yang memilih setiap anggota Dewan secara umum; ada juga yang perdaerah pemilihan. Ada daerah yang memilih walikota secara terpisah dari anggota Dewan yang lain; ada juga yang memilih anggota-anggota dewan saja lalu walikota dipilih di antara anggota dewan itu sendiri.

Apakah masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam membuat kebijakan?

Ya, partisipasi warga dalam proses pengambilan keputusan selalu dinantikan dan diagendakan secara reguler. Warga memiliki kesempatan untuk menyajikan masalah-masalah strategis ke hadapan Walikota dan anggota Dewan yang lain pada Sidang Umum. Selain itu, warga negara didorong untuk menjadi anggota komisi yang dibentuk untuk menangani masalah-masalah tertentu.

Bagaimana manajer kota dipilih?

Lowongan biasanya diumumkan secara terbuka dan calon dapat langsung mendaftar di kota setempat. Informasi lebih lanjut tersedia di Panduan Rekrutmen buku pegangan untuk Memilih Administrator Pemerintah Daerah, yang diterbitkan oleh ICMA.

Dapatkah manajer kota dipecat?

Manajer kota melayani kepentingan warga melalui Dewan. Mereka bisa dipecat oleh mayoritas anggota Dewan berdasarkan peraturan setempat. Kontrol selalu di tangan para wakil rakyat itu.

SUMBER: www.icma.org

Baca juga di situs

This entry was posted in Kutipan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s