Jogja!


Setelah 10 tahun, aku datang lagi di Jogja. Aku hampir tak percaya pernah hidup di kota “Berhati Nyaman” ini. Malioboro mungkin menjadi salah-satu tempat bersejarah, tapi banyak tempat lain di sekitar kampus UGM yang benar-benar membuat perasaanku “sumringah” ketika bernostalgia di Jogja.

Bicara perasaan, sebenarnya baru kali ini aku merasakan perasaan yang tak pernah ada sebelumnya dalam hidupku. Beda dengan pulang kampung saat lebaran tiba; beda dengan saat pinangan diterima calon istri; beda pula saat lulus beasiswa. Ini perasaan baru yang dirasakan oleh orang yang lama tak berjumpa dengan sebuah tempat.

Biasanya, ketika aku menceritakan hal-hal yang kualami pada istri di rumah, aku memberi analogi-analogi agar ia paham. Istriku sangat cerdas karena kadang ia sangat paham sampai-sampai ikut memperbaiki analogiku yang kurang pas. Tapi, kali ini aku tak tahu analogi apa yang cocok untuk menggambarkan perasaanku kembali hadir di Jogja.

Bersambung….

This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

One Response to Jogja!

  1. SM says:

    Great contemplation, Pak Arif! We are in Yogya for this weekend. We will keep you in mind when exploring the great cultural city.

Leave a Reply

