Prestasi Satu Sendok


Ada sebuah balai pembinaan bagi anak-anak yang sangat susah makan (eating disorders) mengembangkan metode unik untuk menggairahkan nafsu makan anak didiknya: jika seorang anak berhasil makan satu sendok makan saja, maka balai itu akan mengadakan pesta semeriah hari ulang tahun anak tersebut. Didapati kemudian bahwa terdapat hubungan positif antara penghargaan dan “prestasi” makan.

Barusan saya mendapatkan berita bahwa Akbar Miswari, seorang murid sekolah di Aceh Utara, menjadi juara pertama lomba pidato via Youtube. Bagi orang Aceh yang membaca harian lokal Serambi (26/8/12), informasi ini pasti sudah diketahui. Namun, saya khawatir bahwa berita bahagia ini akan berhenti begitu saja. Prestasi Akbar akan dilupakan. Mengapa? Karena kita tidak terbiasa memberi penghargaan.

Penghargaan kita biasanya diberikan pada orang-orang yang sudah mati. Sanjungan selangit biasanya diberikan kepada penguasa-penguasa jaman dulu. Walau tak pernah hidup dengan nenek moyang itu, kita begitu yakin dan senang memujinya. Sebaliknya, penghargaan bagi yang hidup saat ini, yang benar-benar berprestasi, kadang tak pernah mendapat liputan yang memadai.

Satu contoh prestasi lain yang cukup hebat adalah keberhasilan tim SSB Putra Muara Cunda meraih gelar juara AQUA Danone Nations Cup (DNC) 2012 dan siap berlaga di ajang dunia. Namun, hebohkan berita itu bagi kita di Aceh? Adakah baliho-baliho bergambar anak-anak itu di seputaran jalan-jalan kota menggantikan baliho-baliho orang-orang yang tak jelas prestasinya itu? Mereka dilupakan. Seakan kita berkata, “Nanti sajalah, kalau jadi Juara Piala Dunia baru kita arak keliling kampung!”

Dari mana “penyakit” tak menghargai ini muncul? Pendidikan kita, kah? Adat kita, kah? Mungkin kita perlu belajar pada balai tadi yang pandai memberi penghargaan bagi prestasi satu sendok.

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s