“Siap!”


Nasehat adalah hal yang patut didengar, dipahami, dan sedapat mungkin dijalankan. Bentuk nasehat bermacam-macam. Ada yang menyampaikannya dengan pidato, tulisan opini, email, note di Facebook, obrolan warung kopi, perbuatan atau sikap, nukilan kisah-kisah, dan lain sebagainya. Tapi, ada nasehat yang luar biasa pengaruhnya pada diri saya hanya dengan satu kata, “Siap!”

Kata “siap” menggambarkan kemauan, tekad, dan semangat untuk melakukan. Bahkan, tersirat makna “selesai” di dalamnya yang kalau dipadankan dengan ungkapan dalam Bahasa Inggris ia berupa “considerate done“. Tak heran, tentara menggunakan kata “siap” untuk merespon perintah yang harus dilaksanakan.

Lalu, apa pengaruhnya bagi saya? Cerita singkatnya begini: kami hendak menghidupkan jaringan dan semangat para lulusan luar negeri untuk lebih padu dan bekerjasama dalam merespon fenomena yang ada dalam masyarakat. Tapi, ikatan alumni bukanlah institusi formal. Ia sangat disokong oleh kemauan untuk secara sukarela terlibat. Nah, ini yang tak terjadi di lingkungan kealumnian kami.

Pada satu pertemuan membicarakan persiapan acara temu alumni, saya katakan: “We are done, tak perlu terlalu diharap, kealumnian ini tak ada yang menseriusinya.”

Seorang sahabat tertegun. Ia berusaha memberi argumen bahwa ini belum berakhir. Masih ada harapan. Namun, saya tak terlalu tertarik dengan harapan itu.

Beberapa hari berselang, saya mencoba mengirim SMS kepada sahabat itu untuk meminta bantuannya mempersiapkan acara tersebut. Walau malas-malasan, perhelatan acara temu alumni harus dilaksanakan dan saya perlu bantuan. Tak sampai 30 detik, SMS saya dibalas: “Siap!” Saya tersentak. Satu kata itu saya pandangi agak lama. Sepertinya proses kimiawi di otak saya mengalami reaksi cepat. Hasilnya, semangat saya tersegarkan. Agenda besar itu akan sukses.

Kata-kata nasehat memang bermanfaat. Kadang, nasehat paling pendek adalah yang paling bermanfaat.

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

