Media Geografi


Jika tak salah, Majalah Media Geografi adalah terbitan BEM Fakultas Geografi UGM. Seorang teman, melalui Facebook, menginformasikan bahwa ia baru saja menemukan satu eksemplar majalah itu di rumahnya. Yang menarik, di sana ada profil saya. Saya lupa penulisnya, tapi ingat tulisan tentang profil tersebut.

Ia dengan sabar, mengetik kembali isi profil pada majalah itu yang berbunyi:

“Tentang sosok figur fakultas geografi yg kalem, tapi mudah tersenyum, orangnya tawadhu’.

Pria kelahiran Aceh Utara, 3 April 1977 memiliki prinsip “Beribadahlah seindah mungkin”. menjadikan dibalik kesederhanaannya, ternyata terkandung banyak aktivitas yang tinggi. Selain sebagai Ketua Senat FGE termuda (angkatan 96), dia juga sebagai Ketua IMAHAGI periode 1997-1999.

Dengan segudang pengalamannya, dia mencoba menerobos dunia intelektual dengan masuk sebagai salah satu anggota tim UGM dalam perubahan UUD 45. Sebuah cita-cita besar merubah tatanan masyarakat melalui dua langkah, khususnya bagi mahasiswa geografi:

a. peran keilmuan geografi murni: mahasiswa sejak masuk sudah memahami apa yang diterima dan wujud sumbangsihnya setelah selesai kuliah dg mengabdikan bekal keilmuan yg dimiliki.

b. peran keilmuan universal: mahasiswa tidak terkotak-kota berbicara masalah ekonomi, politik, yang terlalu sempit. Kebebasan berbicara sebagai seorang ilmuwan.

Demikian beberapa pikiran yang ada pada Ketua Senat Fakultas Geografi UGM.”

Komentar saya setelah 13 tahun berlalu:

Menarik juga cara pandang orang terhadap kita. Kadang baik, kadang tidak. Yang baik kadang berlebihan, begitu pula yang buruk. Yang jelas, yang benar-benar mengetahui tentang diri kita adalah diri kita sendiri. Jika ada yang baik, maka perlu kita jaga dan teruskan. Jika ada yang buruk, kita hentikan sesegera mungkin.

Modal untuk menilai diri adalah kejujuran.

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s