Sesama


Apa yang menarik dari Pacific Rim (2013)? Efek khusus robot dan monster, tentunya. Voltus atau Power Rangers masih kalah jauh. Tapi, tidak hanya itu.

 Momen yang paling berkesan bagiku dari film remaja ini adalah saat seorang anak kecil Jepang tersenyum gembira pada seorang pilot robot raksasa yang berkulit hitam yang telah menyelamatkannya.

 Istimewa, karena Anda tak bakalan menemukan hubungan harmonis lintas ras dalam film buatan Jepang. Malah alien dalam film Jepang mestilah berwajah Jepang pula (penyuka Gavan atau Sharivan tahu betul).

 Untukku sendiri, tiga hubungan baik dengan orang-orang American-African ini berkesan sekali. Pertama, tetangga yang tergopoh-gopoh menolong menghidupkan mobil bututku. Anak muda berkulit legam itu perhatian sekali.

Kedua, nenek tua yang melayani di sebuah restoran cepat saji. Nenek itu tak mengerti ketika temanku memesan suatu paket makanan walau sudah ia lafalkan dengan seinggris-inggrisnya. Sampai-sampai temanku yang dosen bahasa Inggris itu hampir tak yakin dengan kemampuan berbahasanya. Setelah kejadian itu berulang beberapa kali, si nenek hitam yang ramah ini baru bilang bahwa ia agak tuli.

 Yang ketiga, seorang janitor, tukang sapu di dalam laboratorium kampus. Untuk masuk lab, ada kunci digital dengan kode khusus. Ketika itu aku lupa kodenya dan meminta si janitor itu membukanya. Ia bilang, “Saya tidak bisa, Dik, aturan tidak memperbolehkannya.” Padahal hanya kami berdua di lab bawah tanah pagi itu.

 Jika kalian tersenyum akrab dengan suku, ras, atau bangsa yang berbeda, atau bahkan jatuh cinta, maka ketahuilah bahwa engkau bisa menjadi duta perdamaian dunia tanpa perlu memenangkan Miss World.***

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s