Wijayanto


Ia kukenal lewat Geronimo FM, Jogja, 19 tahun lalu. Ia lucu, gaul, dan berilmu agama cukup bagus menurutku.

Sekali waktu, aku pernah menelepon pada acara asuhannya di radio itu. Aku menggunakan sebuah telepon umum di Jl. C. Simanjuntak, Terban. Tak jelas di telingaku suara ustad itu saat menjawab pertanyaanku. Maklum, jalan ini ramai sepanjang hari. Aku sebenarnya sudah tahu jawabannya. Itu hanya taktikku saja agar bisa berbicara dengannya dan suaraku masuk radio.

Selain humoris, ia sabar dan rendah hati. Aku punya cerita tentang ini.

Pada suatu Ramadhan, aku ingin ia mengisi pengajian buka puasa di mushalla kampusku. Aku ke rumahnya. Kuutarakan maksudku. Namun, dengan berat ia mengatakan bahwa jadwalnya sangat padat. Walau begitu, ia tak hendak menolakku. Kulihat ia berusaha mencari-cari waktu di kalender.

Ia kemudian memang memenuhi undangan kami sore itu. Semua sudah dipersiapkan. Namun, karena acaranya sudah memasuki sepuluh akhir puasa, mahasiswa yang hadir bisa dihitung dengan jari tangan dua orang. Mereka ada yang sudah pulang kampung, dan ada juga yang melaksanakan kegiatan lain.

Aku malu sekali. Aku tak berani melihat ke arahnya. Kuharap ketika itu, ia tak ingat lagi wajah orang yang datang ke rumahnya dulu. Jangan-jangan, demi melihat pesertanya yang sedikit, penceramah kondang se-DIY ini mohon diri karena aku telah mempermalukannya.

Tapi, sakwasangkaku keliru. Ia ingat padaku dan meminta izin dengan senyum untuk memulai ceramah. Aku ingat betul, penampilannya di mushalla kami sore itu sama seperti di radio: lucu, gaul, dan dengan materi yang bagus.

Hari-hari ini aku melihatnya di televisi. Ia kudapati sudah kondang se-nusantara. Melihatnya lagi, aku selalu ingat kisah sore itu. Bagiku, ia seorang ustad yang sabar dan rendah hati.

Jazaakumullaahu khairan katsiira ya ustad.

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

