Anda Berhak Tahu


Kemarin, instansi kami memperoleh peringkat pertama Keterbukaan Informasi Publik tingkat Provinsi Aceh dari Komisi Informasi Publik. Ada beberapa hal yg membuat ini sangat berkesan bagi saya pribadi.

Pertama, saya sudah lama tak ikut suatu perlombaan, baik perseorangan atau tim. Seingat saya, terakhir ikut lomba cerdas-cermat saat SMA. Jadi, merasakan “menang” lagi spt. kemarin bagaikan makan Sate Matang (kuliner kampung saya, Peusangan) setelah lama merantau di Jogja dulu. Ngangenin :-)

Kedua, saya termasuk orang yg yakin bahwa salah-satu sebab suburnya mentalitas korup, terutama dlm urusan2 publik, adalah karena ketertutupan data. Kemarin adalah “perayaan” melawan itu.

Di mana saya belajar tranparansi? Di masjid. Setiap masjid di kampung saya selalu mengumumkan pendapatan dan pengeluarannya saban Jumatan. Bahkan, di lembaga pendidikan tempat PUSA (cikal bakal MUI) berdiri, Al-Muslim Peusangan, data keuangan bantuan pembangunan gedung tidak saja ditulis di kertas,  tapi diukir di tembok!

Saudara2, apapun yg dilakukan badan publik, kita berhak untuk tahu!

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

