UN Baru


image
(Sumber gambar: Kemendikbud RI, 2015)

Besok diselenggarakan Ujian Nasional (UN) dengan sistem baru. Sepintas, ini sama dengan Ebta dan Ebtanas masa saya dulu di tahun 1990-an. Yang berbeda adalah tujuannya, yaitu untuk pemetaan pendidikan nasional. Terkait dengan pemetaan, ada dua hal yang menarik dari kegiatan penilaian pendidikan menengah ini.

Pertama, sistem baru yang diterapkan pada UN mulai tahun 2015 ini membuat kecurangan menjadi tidak diperlukan. Sebabnya, kelulusan siswa adalah kewenangan sekolah melalui ujian lain yang diadakan sekolah sendiri, bukan dengan UN. Jadi, ini menjadi semacam integrity-by-design di mana dorongan untuk tidak jujur dapat dikendalikan dengan sistem. Setidaknya, siswa bisa menjadikan UN sebagai “latihan/pengalaman untuk tidak curang saat ujian”.

Kedua, perbandingan nilai UN dan ujian sekolah akan menentukan kualitas sekolah yang bersangkutan. Nilai UN dan posisi relatif siswa terhadap siswa lainnya secara nasional tertera di sertifikatnya. Di samping itu, sekolah mengeluarkan nilainya sendiri. Jika seorang siswa mendapat nilai 3 pada UN, sedangkan pada ujian sekolah nilainya 9 untuk satu mata pelajaran yang sama, maka kualitas sekolah itu relatif rendah. Gurunya mungkin terlalu mudah memberi nilai tinggi atau bahan ujian sekolahnya terlalu mudah.

Dengan sistem UN yang baru di tahun 2015 ini, pemetaan pendidikan nasional dilakukan dengan cara yang tepat. Proses pembelajaran tiga tahunan di sekolah pun dihargai sebagai penentu kelulusan peserta didik. Hasil kedua penilaian tersebut akan menjadi dasar bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas sekolah dalam jangka panjang. Semoga sebentar lagi, semua sekolah di Indonesia akan memiliki kualitas yang sama baiknya.

This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s