Petani dan Pelabuhan


Apakah petani Aceh diuntungkan atau dirugikan? Itulah pertanyaan penting ketika berbicara kelesuan aktifitas bongkar-muat pelabuhan laut di Aceh. Keuntungan petani bisa didapat dari ekspor mentah hasil bumi dg harga wajar dan atau dari nilai tambah olahannya.

Jika petani menjual hasil bumi langsung kepada pembeli di luar negeri, maka tanggung jawab petani selesai ketika komoditas sampai di atas kapal. Setelah itu, pengiriman hingga sampai ke tujuan menjadi tanggungan pembeli. Karena itu, pembeli menentukan kapal yg digunakan. Skema seperti ini menguntungkan kedua belah pihak.

Dengan skema lain, petani bisa merugi jika menjual hasil bumi kepada pedagang pengumpul dg harga lebih rendah daripada harga pasar. Pedagang ini kemudian menjualnya ke pembeli di luar negeri dg harga lebih tinggi.

Di utara Sumatera, Belawan memiliki jalur langsung ke Singapura yg menjadi penghubung jalur logistik internasional. Ini menjadi salah-satu alasan ekspor komoditas pertanian Aceh dikirim oleh kapal yg hilir-mudik di Belawan.

Kembali ke pertanyaan awal. Jika fokus kita pada petani, maka yg perlu diperhatikan adalah hal2 yg terkait dg peningkatan keuntungan bagi petani Aceh. Dua hal yg mendesak adalah peningkatan nilai tambah melalui pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi, serta penyediaan informasi harga komoditas utk petani. Pada gilirannya, ini akan meningkatkan konsolidasi barang dan memungkinkan beroperasinya pelabuhan ekspor yg lebih dekat dg sumber produksi.

Kesimpulannya, lebih baik membangun agroindustri dahulu ketimbang mengeluh karena pelabuhan laut lokal tdk ramai.

*Penulis bukan ahli perdagangan/pertanian/ekonomi. Kesalahan mohon dimaklumi saja.

:-)

This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s