GIScience


Pemetaan kerab dipakai untuk menjelaskan fenomena di atas permukaan bumi atau keruangan (spatial). Sayang, ilmu-ilmu yang bersentuhan dengan lingkungan fisik lebih aktif memanfaatkannya ketimbang ilmu sosial (human context).

Penginderaan jauh tidak begitu saja dapat menjelaskan fenomena sosial berbekal resolusi spasial, temporal, atau spektral. Begitu pula, peta yg dihasilkan Geography Information System (GIS) tidak berarti apa-apa jika titik, garis, dan area yang digambarkan tidak dapat menjelaskan apa yang terjadi di permukaan bumi dalam ruang dan waktu tertentu.

Di sisi lain, banyak cabang ilmu yg bersentuhan langsung dengan fenomena sosial, namun teledor dalam mendudukkan perkara akibat tidak menelaahnya secara komprehensif dengan melibatkan lokasi, lingkungan, jarak, pola, waktu, luas, dan pergerakan objek di permukaan bumi. Karenanya, ilmu-ilmu itu perlu dibantu oleh alat-alat pemetaan yang teknologinya semakin canggih.

Masalah pengungsi Timur-Tengah ke Eropa, misalnya, dapat dianalisis oleh ilmu ekonomi, sosiologi, sejarah, demografi, statistik, kesehatan, politik, dsb. Analisisnya membutuhkan informasi keruangan yang dapat dengan mudah dikelola dengan aplikasi GIS. Ini membuat analisis keruangan tidak melulu didekati secara kuantitatif, tapi juga secara kualitatif.

Agar ilmu pengetahuan dan teknologi pendukung analisis keruangan dapat dipelajari, dapat diulang metodenya, dan benar secara ilmiah, saya menganjurkan UGM membuka program studi baru untuk S1, S2, dan S3, yaitu Geography Information Science (GIScience).

This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s