Layanan Kota


Apa saja layanan untuk warga kota? Tentu, Anda dapat membaca banyak literatur tentang ini. Tapi, saya ingin menyampaikan dari sudut pandang awam. Saya membaginya pada tiga layanan berdasarkan ruang.

Layanan awal, katakanlah begitu, dimulai dari rumah. Bagi saya, air bersih, penanganan air kotor, sampah, listrik, dan jaringan komunikasi (multimedia) adalah layanan awal. Semua ini diperlukan saat di rumah.

Yang kedua adalah layanan antara, yaitu jaringan transportasi beserta modanya. Warga kota membutuhkan fisik jalan yang baik dan pilihan moda transportasi yg beragam dengan harga yang terjangkau. Perparkiran juga masuk dalam layanan ini.

Setelah dua layanan tadi, kita butuh layanan akhir. Ini adalah tempat tujuan kita keluar dari rumah, yaitu pasar, rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, instansi pemerintah, taman bermain, dsb.

Tiga simpul layanan di atas perlu dipenuhi secara paralel. Saat layanan awal dirancang, layanan antara dan akhir juga dikaitkan karena kehidupan kota berlangsung dalam tiga ruang itu setiap hari.

This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s