Di Mana Toko Anda?


Satu hal yang paling penting dari jual-beli daring (online shopping) adalah ongkos kirim. Jarak, jenis, berat barang, dan kecepatan pengiriman menentukan ongkosnya. Tapi, jarak mungkin menjadi penentu akhir total harga yang dikenakan pada pembeli.

Sebagai contoh, satu toko daring berlokasi di Banda Aceh menjual sehelai jilbab seharga Rp 40.000. Barang dan harga yang sama dijual juga oleh toko lain di Bandung. Seorang calon pembeli di Gorontalo melihat kedua tawaran toko tersebut. Kemungkinan, ia akan memilih membeli jilbab itu dari toko di Bandung karena ongkos kirim lebih murah.

Untuk perdagangan dalam negeri, letak geografis Banda Aceh di ujung barat Indonesia menurunkan daya saing dengan toko di lokasi lain yang berada di kawasan tengah.

Di sisi lain, lokasi toko daring menjadi tidak signifikan dalam persaingan jika terpenuhi hal-hal berikut, (a) jujur dan konsisten menjaga stok, (b) barang yang dijual termasuk khas/unik, dan/atau (c) penyedia jasa pengiriman barang menyediakan jenis kiriman dg harga seragam (flat rate pricing) ke semua daerah.

PS.
Yang paling progresif pada jasa ekspedisi dalam dan luar negeri berkaitan dengan jual-beli daring adalah Tiongkok. Banyak barang yang berasal dari sana tidak dikenakan ongkos kirim walaupun konsekuensinya adalah waktu kirim bisa mencapai sebulan.

*Penulis bukan ahli bisnis/pemasaran.
:-)

This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s