Berlatih Memakai GPS


Hampir semua ponsel pintar memiliki GPS. Salah-satu fungsinya adalah membantu navigasi, khususnya di daerah yang tidak dikenal.

Tapi, mengapa ada kendaraan masuk sungai karena mengikuti arahan GPS? Ini hal yang lumrah terjadi. Penyebabnya mungkin karena peta tidak diperbaharui sesuai kondisi terkini. Namun, yang paling penting adalah kecakapan pengguna GPS itu sendiri.

Ya, kita sebenarnya perlu berlatih dulu memahami “bahasa” alat penunjuk arah dan tempat itu. Biasanya, saya belajar menggunakan GPS di daerah yang saya kenal dulu. Jadi, tak bakalan tersesat. Saya juga akan terlatih untuk tidak panik jika salah jalan atau belokan yang dimaksud terlewati sehingga tidak perlu menginjak rem mendadak.

Begitu pula ketika aba-aba “turn right” berbunyi, misalnya. Jarak antara posisi kendaraan saat itu dan jalan yang dimaksud bisa beberapa puluh meter lagi, bukan langsung belok kanan. Ketepatan mengambil keputusan berbelok ini perlu dilatih.

Ada kalanya juga jalan yang diarahkan tidak bisa ditempuh karena melewati kawasan terlarang untuk umum, walau memang jalan itu terhubung ke titik yang dituju. Di Banda Aceh, jika kita bergerak dari arah Jambo Tape ke Hotel Medan di Peunayong, aplikasi navigasi offline “Maps.Me” akan mengarahkan kita ke Simpang Lima, lalu belok kiri hingga di depan Pante Pirak, kemudian belok kanan memasuki kompleks Kodam Iskandar Muda, sebelum akhirnya keluar tepat di depan hotel tersebut (lihat gambar). Mestinya, jalan yang benar adalah Jambo Tape-Simpang Lima-Jl. Sri Ratu Safiatuddin-Hotel Medan. Jadi, perlu siap-siap dengan kemungkinan seperti ini.

image

Dengan ponsel pintar dewasa ini, banyak aplikasi berbasis GPS yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan, seperti penunjuk jalan, survey, geotag foto, arah kiblat, pengukuran tanah, tracking, dsb. Berlatihlah menggunakannya.

This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s