Bayi yang Tertukar?


Menurut cerita ibu, saat bayi, aku mau saja digendong oleh siapapun, termasuk yang baru kukenal. Siapapun yang menjulurkan kedua tangannya akan aku terima tanpa tangisan. Mungkin, di mata mungilku “all men are created equal”. Nah, ada kisah tentang ini, lho.

Begini ceritanya.

Suatu ketika saat usiaku belum genap setahun, aku menyertai ibu berangkat ke Banda Aceh dengan menumpangi bus. Jarak yang harus kami tempuh adalah sekitar 220 km.

Tiba di Sigli, yang menandai separuh jalan kami ke tujuan, bus memasuki terminal untuk memberi kesempatan penumpang beristirahat dan makan siang. Terminal itu sudah dipenuhi bus-bus antarkota lintasan Banda Aceh-Medan.

Ibu hendak turun sebentar ke kamar kecil. Seorang perempuan yang menjadi teman berbincang ibu selama perjalanan menawari bantuan.

“Bu, biar adik bayinya saya jaga. Ibu turun saja, saya tunggu di sini.”

“Oh, baiklah. Terimakasih sekali,”  Ibu menyambut senang. Tanpa banyak pertimbangan, beliau bergegas turun dari bus meninggalkan aku dengan perempuan itu.

Beberapa menit berlalu. Masa istirahat akan segera usai. Ibu hendak balik ke bus yang kami tumpangi. Namun, ibu kebingungan. Tidak diingat lagi bus yang mana. Ditiliknya lagi satu-persatu. Ah, bus-bus itu seragam saja di matanya.

“Di mana bus tadi? Oh, Arif di mana?” gumamnya sambil terus mondar-mandir di terminal itu. Ibu mulai gelisah dan menyesali keputusannya tadi meninggalkan putra bungsunya pada orang yang baru dikenalnya itu.

Tiba-tiba, mata ibu tertuju pada sebuah bus. Seorang perempuan tampak di balik jendelanya sedang mengangkat-angkat seorang bayi.

“Itu Arif!” ujar ibu setengah memekik bahagia. Segera ibu menghampiri kami yang sedang bercengkerama.

Demikianlah saudara-saudara cerita nostalgia naik bus saat aku kecil. Entah apa jadinya jika bus kami tak ditemukan ibu. Karena itu, kalau jadi bayi jangan murahan begitu. Jual mahal sedikit, ya.

:-D

This entry was posted in Bin M.A. Jangka. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s