Brexit


Berita lama memberitahukan bahwa salah-satu sebab Inggris ogah-ogahan dengan mata uang Euro adalah karena gambar Sang Ratu yang biasa tampil pada Pound Sterling akan digantikan/ditambah dengan gambar pemimpin Eropa lainnya pada lembaran Euro. Pound Sterling tak diperlukan lagi. Bagi sebagian Englishman, ini menurunkan martabat bangsa.

Agaknya, referendum kemaren adalah pertarungan antara pola pikir klasik-tertutup-eksklusif dengan modern-terbuka-inklusif. Hasilnya, 52-48 untuk Brexit (British + exit = the United Kingdom’s exit from the European Union). Proses keluar ini membutuhkan waktu dua-tiga tahun lagi.

Sebenarnya, tidak ada keharusan Inggris keluar Uni Eropa gara-gara referendum itu. Tapi, ini kehendak publik yang berimplikasi pada politik nasional. Bagi yang kecewa pada Brexit, mereka menyampaikan petisi agar setidaknya Kota London tetap dalam UE. Mungkin mereka juga berandai-andai agar Sang Ratu memiliki kekuasaan menvetonya.

Penyebab Brexit mungkin mirip dengan urbanisasi, yakni terjadinya perpindahan penduduk ke daerah yang lebih maju untuk mendapat penghidupan yang layak. Inggris adalah salah-satu negara makmur di antara anggota UE lain. Tak heran arus imigrasi begitu gencar ke negeri Robin Hood ini. Imigrasi tentu memiliki implikasi sosial dengan penduduk asli, apalagi yang masih klasik-tertutup-eksklusif.

Dapatkah disimpulkan bahwa penyebab Inggris keluar dari keanggotaan EU adalah sindroma “asoe-lhok” (istilah Aceh untuk pribumi)? Sindroma ini memisahkan antara penduduk asli dan pendatang dengan tegas. Pendatang adalah tamu dan tak pernah bisa setara dengan pribumi. Pendatang telah “mencuri” kesempatan kerja mereka.

Lalu, adakah kerjasama ekonomi ASEAN (MEA) memetik pelajaran dari Brexit ini?

This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s