Sopir Birokrat


Salah-satu pekerjaan di lingkungan birokrasi adalah sopir. Sopir diadakan tidak saja untuk mengenderai kendaraan, tapi juga untuk merawat aset moda transportasi milik negara tersebut. Mereka profesional. Sebab itu, hendaknya mereka diberi istirahat yang cukup dan jadwal kerja yang adil.

Kunjungan lapangan yang menggunakan jasa sopir kantor perlu disusun jadwalnya dengan baik dengan memperhatikan “jam jalan” (semacam “jam terbang”) mereka. Perlu dipastikan bahwa sopir memiliki waktu istirahat yang cukup. Kurang tidur atau tidur yang tidak teratur tentu akan mempengaruhi kesehatan para sopir, terutama saat usia tua nanti.  
Jadwal kerja hendaknya memperhatikan pula kepentingan diri para sopir. Jika mereka PNS, berilah kesempatan agar mereka dapat mengikuti diklat wajib kepegawaian. Apalagi, diklat seperti ini biasanya dilaksanakan pada waktu tertentu dengan peserta terbatas setiap tahun. Selain itu, berilah pula kesempatan para sopir untuk mengikuti perayaan hari besar, seperti lebaran hari pertama bersama keluarganya. Jika pun tenaga mereka sangat diperlukan bersamaan dengan masa diklat atau lebaran, buatlah penjadwalan (shift) kerja yang rapi untuk beberapa sopir.
Perilaku feodal dalam hubungan kerja atasan-bawahan tidak boleh ada dalam birokrasi modern. Karena itu, keprofesionalan para sopir di birokrasi patut dihargai tinggi. Wujudnya justru dengan peningkatan profesionalitas di kalangan birokrat-birokrat lain dalam pemanfaatan waktu, anggaran, dan staf teknis yang membantunya.

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s