Ribuan Emas


Drama dan semangat untuk menang. Itulah yang menarik di setiap Olimpiade. Pada hari kedua kemaren di Rio, cabang judo memberikan emasnya kepada Majlinda Kelmendi dari Kosovo. Ini menjadi medali pertama negara kecil yang berdiri tahun 2008 itu setelah berpisah dari Serbia, bekas Yugoslavia.

Tahun 2012, Kosovo belum bisa mengikuti Olimpiade London. Majlinda terpaksa mewakili Albania, negara tetangganya. Ia tak ada apa-apanya kala itu, dan surut pada pertandingan kedua. Tahun ini ia bangkit, menjadi pejudo kelas dunia dan terbaik di kelasnya. Isa Mustafa, PM Kosovo, patut bersyukur atas keberhasilan ini dengan memperbaiki manajemen pembinaan olah raga negaranya dengan serius di masa depan.
Sesungguhnya, ini bukan pertandingan hari kedua bagi Majlinda. Ia telah mulai bertanding ribuan hari sebelumnya menghadapi segala keterbatasan di negaranya yang miskin itu. Maka tak salah jika dikatakan bahwa nilai satu medali emas yang didapat Kosovo kali ini adalah sebanding dengan ribuan emas milik AS dan China.

*Lihatlah pula kisah Vanderlei de Lima yang bermental emas 24 karat.

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s