Bungaku


​Suara kencang lonceng sekolah memecahkan keheningan pagi itu. Anak-anak yang diantar orang tuanya turun dari kendaraan dengan tergesa. Mereka tidak ingin dibariskan di depan kantor kepala sekolah. Soalnya, yang terlambat akan menjadi “pasukan kebersihan.”

“Cepat, Yah! Udah terlambat, nih!” Adi memberi aba-aba kepada ayahnya. Mereka menaiki motor butut berwarna merah keluaran tahun 1980-an. Tapi, bukan itu penyebab Adi bakal terlambat.

“Makanya, jangan bergadang melulu,” ujar ayahnya sambil membantu Adi turun dari motor.

Ini kali ketiga Adi menjadi anggota “pasukan kebersihan”. Bersama belasan teman-temannya yang lain, ia harus membersihkan halaman dan merawat tanaman di pekarangan sekolah.

“Mmm..bunga berwarna merah ini sudah layu. Kucabut saja,” gumam Adi. Tapi, matanya terpikat bunga lain sejenis yang mekar dengan indahnya tepat di samping bunga yang layu itu. Ia mengurungkan niat mencabutnya.

“Baiklah, aku akan merawatmu agar mekar seperti tetanggamu.” ujar Adi ke arah bunga layu itu.

Keesokan hari, Adi diantar ayahnya tepat waktu. Ia segera bergabung dengan teman-temannya menuju kelas. Tapi, ia ingat sesuatu.

“Bunga merah layu itu!” Adi menoleh ke arah pekarangan.

“Adi, ayo masuk! Jangan berdiri di pintu, Bu Wati memanggilnya dari dalam kelas.

“Ah, aku tidak bisa merawatmu hari ini, kawan,” gumam Adi sedih.

Pagi berikutnya, Adi tiba lima menit sebelum batas waktu masuk sekolah. Tapi, ia tidak langsung menuju gerbang. Ia berdiri saja di dekatnya.

“Ting..teng…ting…teng!” suara kencang lonceng sekolah berbunyi. Anak-anak yang baru tiba berlarian menuju gerbang. Adi masih berdiri di tempatnya.

Beberapa saat kemudian, Adi melangkah menuju barisan depan kantor kepala sekolah. Ia menoleh ke arah pekarangan, tepat ke bunga merah yang layu itu.***
#cerpen

This entry was posted in Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s