Layanan Peta Publik


​Setidaknya, ada empat menu yang perlu disediakan di website pemerintah yang melayani peta publik.

Pertama, peta interaktif. Peta ini menggunakan aplikasi web GIS. Pengunjung dapat memilih tema infomasi yang ingin ditampilkan. Biasanya, informasi ini ditumpangsusunkan (overlay) dengan data dasar, seperti peta topografi atau citra satelit.

Kedua, peta dalam format PDF. Instansi yang melayani peta mendesain peta tematik siap pakai yang didistribusikan secara elektronik (daring). Pengunjung tinggal menggunduhnya, dan jika perlu, dapat mencetaknya sendiri.

Ketiga, data GIS. Data dalam format mentah ini (shapefile) dapat digunakan oleh para ahli, mahasiswa, atau konsultan untuk melakukan analisis lanjutan yang tidak tersedia dalam peta interaktif dan PDF.

Terakhir, peta cetak (hardcopy). Pengunjung dapat memesan peta yang diinginkan dengan membayar retribusi. Peta dapat dikirim via pos ke alamat pemesan atau diambil langsung di kantor layanan.

Layanan lain tentu terbuka untuk diberikan sedemikian sehingga publik merasakan manfaat peta untuk perencanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan di tempat tinggalnya.

Contoh:

Layanan peta di Kota Georgetown, Texas.

Advertisements
This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s