Janji Politik


Janji politik untuk membangun ini-itu saat kampanye kepada sekelompok warga sejatinya tak perlu ada. Ini mengacaukan tatanan perencanaan pembangunan. Padahal, perencanaan mestilah komprehensif dengan memandang kebutuhan, kemampuan sumberdaya (manusia dan dana), dan cakupan (wilayah kerja dan jangka waktu) pembangunan secara utuh.

Boleh jadi, ingkar janji seorang kepala daerah terpilih, misalnya, kepada satu kelompok warganya bukan karena ia hendak berbohong, tapi karena janjinya tak dapat bersinergi dengan janji lain kepada warga lain di tempat dan waktu yang berbeda. Ketidakselarasan ini diidentifikasi saat proses perencanaan.

Janji politik secara salah-kaprah lazim dipertukarkan pemakaiannya dengan istilah “kontrak politik”. Dalam pengertian yang sebenarnya, kontrak politik justru diperlukan sebagai dasar keberadaan negara yang merupakan hasil kesepakatan warganya. Karena itu, kontrak politik disebut juga “kontrak sosial”. Konstitusi dan turunannya adalah contoh bentuk kontrak politik. Visi dan misi kandidat termasuk turunan itu.

Janji politik dapat pula diusung oleh calon wakil rakyat. Cara mewujudkannya jika ia terpilih adalah dengan menjadikan dirinya sebagai “agen pembangunan” bermodalkan dana aspirasi. Inilah kekacauan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan oleh legislatif.

Tanpa janji politik sekalipun, seorang pejabat publik telah terikat dengan kontrak politik yang mewajibkannya untuk memberi layanan publik secara profesional (meritocracy); untuk menjaga ketertiban umum (social harmony); untuk melayani semua warga (inclusiveness); untuk tidak kurop (a clean government); untuk taat aturan (rule of law); serta untuk peduli pada lingkungan hidup (care for the environment).

Advertisements
This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s