ECOWAS


​The Economic Community of West African States (ECOWAS) adalah organisasi regional 15 negara di belahan barat Afrika. Sepintas, perhimpunan ini mirip dengan Uni Eropa atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Namun, dari kasus peralihan kekuasaan di Gambia yang berakhir dengan damai pada Sabtu (21/1) lalu, kita jadi tahu bahwa pendekatan kerjasama ECOWAS bukan sekedar diplomasi.

Presiden Gambia, Yahya Jammeh, mengalami kekalahan dalam pilpres 1 Desember 2016. Namun, ia menolak menyerahkan kekuasaannya kepada presiden terpilih, Adama Barrow. Mengantisipasi krisis politik di salah-satu negara anggotanya ini, ECOWAS bertindak cepat.

Langkah pertama yang dilakukan ECOWAS adalah menfasilitasi pelantikan Barrow di salah-satu negara anggotanya, yaitu Senegal. Kedua, pejabat ECOWAS berdiplomasi untuk meminta Jammeh melakukan pengalihan kekuasaan secara baik-baik. Terakhir, dan ini yang paling menentukan, ECOWAS mengerahkan bala tentara untuk memastikan peralihan kekuasaan di Gambia berjalan sesuai hasil pemilu. Semua langkah itu diamini oleh organisasi internasional lain yang terkait, seperti Uni Afrika, Uni Eropa, dan PBB.

Benar saja, setelah ECOWAS bertindak, keadaan Gambia secara berangsur-angsur mulai membaik. Jammeh mundur, dan Barrow berkuasa secara de facto dan de jure.

Mengapa ada “intervensi yang terlalu jauh” oleh ECOWAS seperti itu? Saya belum menemukan dasar pemikiran resminya. Tapi mungkin, negara-negara di Afrika Barat ini berpikir bahwa tanpa kerjasama, mereka akan sulit berkembang; kerjasama ekonomi ini takkan efektif tanpa stabilitas politik kawasan; dan kestabilan politik dalam negeri anggotanya adalah cikal-bakal kestabilan kawasan itu.

Terkait:

Gambia: Lesson Learn

Advertisements
This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s