Tidak Perlu Rugi Lima Tahun


Kalau dipikir-pikir, kita sebenarnya menyusahkan diri sendiri dengan sistem pilkada lima tahunan ini. Bayangkan misalnya, ada lima kandidat. Semuanya baik. Tapi, hanya ada satu pasangan yang cakap dalam urusan pemerintahan/pembangunan. Jika yang terpilih adalah yang cakap itu, senanglah seisi negeri. Namun, celaka lima tahun jika sebaliknya.

Yang cakap belum tentu populer, dan yang populer belum tentu cakap. Biasanya, yang menang adalah yang populer. Sistem pilkada begini jadinya ya, untung-untungan. Semacam PHP, gitu.

Mestinya, pelaksana pemerintahan selalu diserahkan pada orang yang mampu. Ya, yang berkompeten sepanjang lima tahun. Caranya?

Pertama, pilihlah beberapa wakil rakyat, cukup 7 atau 9 orang, untuk duduk di dewan. Persis seperti pileg selama ini, hanya jumlah kursi lebih kecil.

Kedua, dewan mengangkat satu orang yang paham manajemen pemerintahan. Buka peluang calonnya lebar-lebar. Cari dari Sabang sampai Merauke. Dapatkan orang-orang yang berkompeten. Ridwan Kamil, misalnya, bisa menjadi acuan standar. Sebut saja SMDI (Standar Manajer Daerah Indonesia).

Ketiga, dewan cukup membuat kebijakan umum dan rambu-rambu (regulasi). Detil pelaksanaan diserahkan pada “sang manajer” itu. Pantau dan evaluasi kinerjanya. Jika tak memuaskan, dewan bisa menggantinya kapan saja. Sebaliknya, jika kinerjanya bagus, maka dewan pada periode berikutnya dapat mengangkatnya lagi.

Dengan demikian, rakyat tidak perlu lagi berharap-harap cemas mendapatkan pemenang pilkada yang cakap. Mereka cukup memilih orang-orang setempat yang baik, bijak, dan populer untuk duduk di dewan. Adapun untuk pelayanan publik sehari-hari, serahkan saja pada manajer profesional.

Sederhana, bukan?

Literatur:
Kota Georgetown, Texas.

Advertisements
This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s