Sopir Paterson


Paterson (2016) adalah film yang menarik. Tokohnya adalah seorang sopir bus Kota Paterson, New Jersey, yang juga bernama Paterson. Ia suka menulis puisi dan berkarakter tenang (mild manner).

Paterson menjalani hidupnya dengan sederhana: tiap pagi bangun tepat waktu; sarapan; berjalan kaki ke gudang bus tempatnya bekerja; menulis puisi di sebuah buku sebelum busnya ia operasikan; mendengarkan perbincangan penumpangnya; istirahat siang sambil menikmati bekalnya dan melanjutkan menulis puisi; pulang sore sambil mengecek surat di kotak pos rumahnya; makan malam bersama istrinya sambil mendengarkan cerita kegiatan istrinya di rumah hari itu; dan terakhir, nongkrong di kedai minuman kecil dekat rumahnya.

Paterson adalah orang yang pendiam, kontras dengan tokoh-tokoh lain di sekitarnya yang banyak bercerita. Ia menjadi pendengar yang baik.

Sepintas, film drama dengan komedi ringan besutan Jim Jarmusch ini membosankan karena tidak ada dramatisasi dari konflik para tokohnya. Tapi, memang tidak perlu karena konflik kecil akan tampak besar dilihat dari kacamata Paterson yang diperankan Adam Driver (pemeran Ben Solo dalam Star Wars 2015) ini. Uniknya, Paterson dan Adam sama-sama pernah bertugas di militer, dan nama belakang Adam adalah Driver.

Klimaks dari kisah ini adalah saat anjing piaraan Paterson merobek-robek buku puisinya menjadi kertas-kertas kecil. Padahal, sudah sering istrinya mengingatkan agar buku rahasianya itu difotokopi atau dipublikasi. Dan Paterson tetap tenang.

Advertisements
This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s