PP KEKAL Perlu Diubah?


Ada berita ttg munculnya usulan untuk mengubah PP 5/2017 tentang KEK Arun Lhokseumawe (KEKAL) agar posisi tawar pemda meningkat.

Apa PP 5/2017 perlu diubah?

Jawaban pendek:
Tidak.

Jawaban panjang:
Semua PP tentang KEK hanya memuat nama KEK, luas, lokasi, dan zonasinya. Aturan ttg pembangunan dan pengelolaannya mengikuti UU KEK dan turunannya. Jadi, PP KEKAL tidak perlu diubah kecuali ada perubahan keempat hal tersebut.

Selain itu, pengusulan oleh pemerintah (kementerian/pemprov/pemkab) tidak serta-merta membuatnya bebas menunjuk badan usaha pembangunan dan pengelolaan KEKAL. Ada aturan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang harus ditaati, sehingga pekerjaan ini harus dilelang. Jika dilelang, BUMD memiliki peluang lebih kecil dibanding perusahaan lain untuk menjadi badan pengelola.

Padahal, dengan PP 5/2017 yang saat ini berlaku, Gubernur Aceh, Bupati Aceh Utara, dan Walikota Lhokseumawe yang duduk dalam Dewan Kawasan KEKAL dapat:

  • membatasi jangka waktu dan bidang kerja badan pengelola yg dibentuk konsorsium;
  • mendukung BUMD yg ada dalam konsorsium untuk meningkatkan kepemilikan saham pada badan pengelola itu sesuai kemampuan daerah;
  • memilih badan pengelola lain (melalui proses pelelangan) jika jangka waktu kerjanya usai;
  • mengatur perizinan dan mengendalikan semua usaha dalam kawasan.

Lagi pula, kalau pengusulan hendak diubah dari badan usaha (konsorsium) ke pemprov, maka PP 5/2017 kemungkinan perlu dibatalkan dulu. Lalu, proses pengusulan terpaksa diulang dari awal.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak perlu mengubah PP atau mengubah pengusul KEKAL agar pemda lebih punya posisi tawar di sana. You already have the power. Use it wisely.

Advertisements
This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s