Ibuku, Guruku


Ibuku adalah pensiunan guru MTsN (dibaca “emsen”) Matangglumpang Dua, madrasah setingkat SMP yang dikelola Depag. Beliau dulu mengampu Mata Pelajaran Akidah Akhlak.

Sebelum kelas tiga MIN, madrasah setingkat SD, aku selalu singgah di sekolah Ibu saat pulang pukul sepuluh. Yang aku sukai, di mejanya selalu tersedia segelas teh dan dua potong kue. Aku menghabiskannya saat ibu sedang mengajar. Nikmat sekali. Kelak, saat aku mulai bekerja, kudapati juga segelas teh dan dua potong kue di mejaku. Bahagia sekali.

Jika masa ujian tiba, tiap hari seberkas kertas stensilan berwarna krem Ibu bawa pulang. Malamnya, kertas-kertas itu diperiksa dan diberi nilai olehnya. Walau masih duduk di MIN, aku gemar membaca-baca soal ujian anak MTsN itu, baik yang pilihan ganda atau yang esai.

Untuk memeriksa ujian pilihan ganda, digunakan pola kunci jawaban. Polanya dibuat dari kertas jawaban berupa tabel yang berisi huruf A, B C, dan D. Huruf yang mewakili jawaban yang benar dilubangi dengan obat nyamuk bakar. Lalu, ditumpangsusunkan dengan jawaban siswa. Dengan bantuan pola itu, pemeriksaan ujian bisa cepat dilakukan. Kadang, saat kelas 6, aku membantu memeriksa ujian soal ganda ini, sekaligus menambah pengetahuanku akan pelajaran itu.

Untuk soal esai, aku membaca kertas jawaban yang sudah diperiksa Ibu. Biasanya aku memilih kertas jawaban muridnya yang sering juara kelas. Maklum, jawabannya hampir pasti benar semua. Aku belajar dari jawaban sang juara itu.

Aku tidak meneruskan ke MTsN tempat Ibu mengajar. Soalnya, malu diajari Ibu sendiri di kelas. Jadi, aku memilih SMP 1 Peusangan. Di sini, ujiannya selalu esai, tidak ada pilihan ganda. Biasanya jumlah soal yang diberikan adalah 25 buah. Tak heran, saat evaluasi tahap akhir nasional, kami merasa ringan menjawab soal pilihan ganda yang disediakan Depdikbud.

Aku tidak tahu apakah pendidikanku ideal, bagus, atau biasa saja. Yang jelas, pendidikan akidah akhlak dari Ibu takkan pernah kulupakan.

This entry was posted in Bin M.A. Jangka. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

