Membantu Teman Saat Ujian


Hari itu, hari pertama aku dan teman-teman mengikuti ujian akhir, yakni Ebtanas tingkat dasar. Aku sangat bersemangat. Dengan cepat, kukerjakan semua soalnya. Begitu selesai, segera kuhampiri meja pengawas; kuletakkan kertas jawabanku; dan kulangkahkan kaki keluar ruangan.

Tiba-tiba, seseorang memanggilku. Aku menoleh. Tampak dua perempuan berbaju kurung tergopoh menuju ke arahku. Mereka adalah guruku.

“Rif, mengapa keluar begitu cepat?” tanya salah-satu dari mereka.

Dengan riang kukabarkan bahwa aku telah selesai menjawab semua soal. Ya, ada beberapa soal yang aku tak bisa, tapi aku yakin saja bahwa kali ini banyak jawabanku yang betul. Gigiku yang ompong di kiri ikut mendukung senyum lebarku.

Tapi, kedua guruku itu tidak ikut tersenyum. Wajah mereka serius. Aku jadi kikuk. Ada apa, ya? Cepat-cepat kututup mulutku.

“Kasihan teman-temanmu, Rif. Mereka bisa panik melihat ada yang sudah selesai dan keluar ruangan. Ini ujian akhir yang menentukan kelulusan,” guru yang lebih tua menjelaskan.

“Besok, walau kamu sudah siap mengerjakan soal, tunggu saja dulu hingga menjelang waktu berakhir biar temanmu tetap tenang mengerjakan ujiannya, ya.”

“Baik, Bu,” jawabku hormat.

Aku terkejut dengan teguran itu. Anak kelas enam sepertiku tak paham soal ini. Tak ada yang mengingatkanku mengenai “saling mendukung teman saat ujian” seperti itu sebelumnya. Tapi, bagiku, itu masuk akal. Alih-alih memberi jawaban ujian akhir ke murid-muridnya, guruku malah meminta hal yang cukup mudah untuk kulakukan. Esoknya, aku ikuti nasihat guruku: aku keluar terakhir.

Sejak hari itu, dukunganku pada teman-teman saat ujian kuteruskan hingga aku duduk di bangku kuliah. Bukan dengan memberi mereka contekan, tapi dengan kebersamaan menghadapi ujian hingga waktu berakhir.

This entry was posted in Cang Panah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

