Resolusi 242


Langkah gegabah Trump dua hari lalu untuk memindahkan kedutaan besarnya ke Kota Yerusalem menuai protes internasional. Kebijakan ini mendukung keputusan sepihak Israel tahun 1980 yang menjadikan daerah pendudukan Yerusalem sebagai ibukotanya.

Posisi AS terhadap Yerusalem bertentangan dengan Resolusi 242 Dewan Keamanan PBB tahun 1967 yang disetujui seluruh anggotanya, termasuk AS sendiri. Isi resolusi itu adalah meminta Israel mundur dari wilayah yang didudukinya pasca Perang Enam Hari 1967, yaitu Tepi Barat (termasuk Kota Yerusalem), Jalur Gaza, dan juga Dataran Tinggi Golan milik Suriah.

Kebijakan AS terhadap Yerusalem juga merusak proses perundingan yang justru difasilitasinya selama ini. Perundingan tersebut menjadikan Resolusi 242 DK PBB sebagai dasar pembicaraan. Mestinya, status Yerusalem menunggu kesepakatan Palestina dan Israel dalam rangka pembentukan dua negara terpisah (two-state solution).

Sebenarnya, tanggung jawab tidak dipikul Trump seorang. Undang-Undang tentang pemindahan kedubes AS ke Yerusalem sudah lama disetujui Kongres (Senat + DPR), yaitu sejak 23 Oktober 1995 saat Clinton berkuasa. Isinya memerintahkan eksekutif untuk memindahkan kedubes mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem paling lambat 31 Mei 1999.

Setiap enam bulan, Presiden AS diizinkan menyatakan penundaan pelaksanaan suatu UU. Trump pernah menunda pelaksanaan UU 1995 tersebut pada Juni 2017 lalu, tapi tidak lagi pada Desember ini. Para presiden pendahulu Trump selalu menundanya. Alasan mereka, urusan kedubes adalah kewenangan eksekutif, legislatif tidak perlu mencampurinya. Tentu saja, pertimbangan keamanan dalam negeri juga menjadi perhatian Clinton, Bush, dan Obama.

Yang jelas, kini AS tidak lagi pantas menjadi penengah konflik Palestina-Israel. Trump telah menegaskan pilihan politik AS, yaitu di sebelah Israel.

Advertisements
This entry was posted in Geografi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s