Caxradonya

For more information, go to Caxradonya‘s homepage

Caxradonya adalah suatu sistem operasi (OS) hasil modifikasi dari Lubuntu (varian Ubuntu dengan GUI LXDE). Karena itu, Caxradonya menggunakan repositori Ubuntu. Caxradonya bukanlah distro, melainkan remastering saja yang cocok digunakan di kantor dan rumah Anda.

Nama OS ini diambil dari nama lonceng “Cakra Donya” (artinya Lonceng Dunia) yang diberikan oleh Laksamana Cheng Ho untuk Kerajaan Samudra Pasai (sekarang bagian dari Aceh, Indonesia) sebagai hadiah dari Kaisar Cina. Cakra Donya melambangkan persahabatan, kebebasan, dan petualangan. Tiga hal ini sepadan dengan apa yang ada dalam dunia open source: komunitas (community) yang saling mendukung dan berbagi; kebebasan (freedom) untuk menggandakan dan memodifikasi software tanpa perlu membayar lisensi; serta pengalaman untuk menggunakan software sesuai bahasa dan keinginan Anda.

Penamaan Versi

Penamaan tiap versi Caxradonya menggunakan urutan bilangan desimal (1.0, 2.0, 3.0, dst.) ditambah dengan nama kode (code name) segala hal yang menjadi ciri khas Aceh. Untuk penerbitan pertama ini kami memberi nama Caxradonya 1.0 (“Sate Matang”). Sate Matang adalah sate (skewered pieces of meat roasted over coals) yang berasal dari Kota Matangglumpang Dua, Kabupaten Bireuen, yang terkenal di Aceh.

Diupayakan versi berikutnya mengikuti versi Long Term Support (LTS) Ubuntu.

Download

Caxradonya 1.0 "Sate Matang"

Caxradonya_1.0_i386.iso

Anda bisa mencobanya dengan LiveCD (bakar file iso tersebut dan boot komputer dengannya) atau USB flashdisk (baca caranya di sini). Anda bisa juga menjalankannya dalam mesin maya (misalnya, Virtualbox).

Lisensi: GPL

Lisensi sistem operasi Caxradonya:
Caxradonya adalah perangkat lunak yang bebas digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja di bawah ketentuan GNU General Public License yang dikeluarkan oleh Free Software Foundation, baik versi 3 atau versi terbaru. Caxradonya didistribusikan dengan harapan dapat bekerja sebagaimana mestinya, tapi TANPA JAMINAN APA PUN. Untuk lebih jelas, bacalah GNU General Public License. Anda semestinya sudah mendapatkan salinan lisensi ini dalam Caxradonya, namun, bila tidak ada, kunjungilah http://www.gnu.org/licenses/.

12 Responses to Caxradonya

  1. sahal says:

    pertamax and bagus nih pingin coba

  2. sahal says:

    sorry nongol lagi pake lxde tapi officenya open office ga salah untuk komputer dengan memory 128 udah dicoba di komputer dengan memory 128 belum

  3. dogol says:

    pengen coba… tapi ntar aja deh nunggu versi stabilnya

  4. mizanovic says:

    wah..mantap bro

  5. Maulana says:

    Akhirnya orang Aceh bikin Linux juga.
    Saran pertama, wallpapernya pemandangan dari daerah Aceh sendiri. Kan indah-indah tuh pantainya, pegunungannya, dan juga mesjid2nya.
    Saran kedua, agar terus2an listing di Distrowatch, update harus berkala dan juga punya komunitas solid yang membantu. BlankOn yang punya komunitas saja bisa tersendat rilisnya, apalagi jika tidak ada yang membantu.

    Ohya distro Anda sudah diperkenalkan di grup Linux Indonesia (http://www.facebook.com/group.php?v=app_2373072738&gid=39674249586#!/group.php?v=wall&gid=39674249586)

    • khazanaharham says:

      Terimakasih atas apresiasinya. Ya, saran2 seperti ini sangat dibutuhkan. Sukses!

      • Maulana says:

        Kapan nih versi stabilnya dilansir? Sudah tidak sabar…

      • khazanaharham says:

        Ya, baru saja versi stabil Caxradonya 1.0 diluncurkan. Dicoba dan kasih kritik/saran untuk perbaikan ya. Oo.ya..dibagi2 ke teman2 :-)

  6. Frank Casey says:

    Just a follow-up to my note of a month ago. Open Invention Network is continuing to protect the Linux environment and growing…there is no cost to join. Mozilla has just joined and I invite you to visit our website to learn what we are and do. I can send more information for you to read if you will send me an email address.

    Thank you for your time and I hope to hear back from you

  7. eko says:

    Share wallpapernya juga mas… hehehe

  8. baby says:

    simple tapi asik, coba download dulu ah..

    Baby Pink

Leave a comment