Quantum GIS


Bagi yang mengambil kuliah atau yang tertarik dengan GIS (Geographic Information System) tentu telah mengenal ArcGIS sebagai software utama yang umum dipakai. ArcGIS merupakan aplikasi berbayar (komersial) yang dijual dengan harga relatif mahal untuk perorangan. Karena itu, diperlukan alternatif lain untuk pekerjaan GIS. Salah-satu aplikasi sejenis yang dibangun oleh komunitas secara terbuka (open source) dan dapat diperoleh secara gratis adalah Quantum GIS.

Walau tidak selengkap ArcGIS, dengan perkembangan yang cepat, QGIS telah memiliki semua kemampuan dasar bagi analisis keruangan dan pemetaan. Bahkan, kemampuannya menjadi lebih profesional karena memiliki plugin yang beragam sesuai dengan kebutuhan pemakai. Salah-satu yang paling penting adalah kemampuan QGIS untuk memanfaatkan segala perangkat GRASS, suatu aplikasi GIS lain yang lebih dulu ada dan lebih mapan untuk pengolahan data raster dan vektor.

Pertumbuhan dan perkembangan aplikasi lain sejenis ArcGIS menguntungkan kita (end user) karena akan banyak pilihan bagi pekerjaan GIS. Bisa jadi, harga aplikasi komersial pun akan semakin murah karena tak ada lagi pemain tunggal di dunia GIS.

Bacaan lain:

Catatan: Tulisan ini telah diupdate. Pertama kali dipost tgl. 7-11-2007.

This entry was posted in Geografi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s